Saat mulai membuat Template untuk pesan Broadcast, pastikan konten pesan kamu sudah sesuai dengan ketentuan WhatsApp supaya bisa dikirimkan sebagai Broadcast ke pelanggan ya!


Artikel  ini akan membahas cara terbaik untuk meningkatkan peluang Template-mu disetujui oleh pihak WhatsApp.

Tipe pesan yang didukung oleh WhatsApp:


Konten yang didukung

Konten yang tidak didukung

  • Pembaruan Akun.

  • Pembaruan Booking/Reservasi.

  • Penyelesaian Issue.

  • Pembaruan Pembayaran.

  • Pembaruan Pemasukan.

  • Pembaruan Pengiriman.

  • Pembaruan Tiket.

  • Pembaruan Transportasi.

  • Konten yang dikirimkan berulang kali.

  • Keterlibatan yang berkelanjutan dengan pelanggan.

  • Meminta pelanggan untuk menilai atau memberikan rating.

  • Mengirimkan pengingat kepada pelanggan.

  • Survei produk.


Trik supaya Template pesan kamu bisa disetujui:


  1. Buat Template pesan dengan kalimat yang sederhana, ringkas, dan mudah dimengerti oleh pelanggan.

  2. Jumlah huruf di Template harus kurang dari 1024 karakter.

  3. Sertakan minimal satu variabel "{{x}}". 

  4. Pastikan tidak ada kesalahan ejaan pada pesan.

  5. Nama Template harus jelas dengan menggunakan lowercase (huruf kecil semua), angka dan terpisah menggunakan underscore (“_”), bukan spasi.

    1. Contoh nama yang salah "template_14".

    2. Contoh nama yang benar "update_pengiriman".

  6. Jika kamu ingin melampirkan link pada Template pesanmu, sertakan URL lengkap. Jangan gunakan link pendek seperti bit.ly, tinyurl, dll. 

  7. Template yang sudah dikirimkan untuk di-review, tidak dapat diedit kembali


Dengan mengikuti panduan di atas, Template kamu bisa aman dari penolakan WhatsApp. Yuk buat Template sendiri untuk pesan Broadcast-mu sekarang!


Masih bingung dengan penjelasan di atas?