Fitur Integrasi Marketplace adalah fitur LummoSHOP yang memudahkan untuk upload banyak produk sekaligus ke katalog bagi kamu yang sudah memiliki akun jualan dan produk di Shopee, Lazada dan Tokopedia.


Cara melakukan upload produk dengan fitur Integrasi Marketplace dari akun Shopee dan Lazada

  1. Pilih “Tambahkan dari Marketplace”.
  2. Pilih Marketplace yang diinginkan.
  3. Login ke akun Marketplace yang dimiliki.
  4. Jika sudah sukses login, pilih akun yang sudah berhasil kamu login, klik “Impor” dari marketplace yang dipilih.
  5. Klik “tambah semua produk”, hapus produk jika ada produk yang tidak ingin kamu jual di website LummoSHOP kamu.
  6. Produk kamu semua sudah langsung ada di katalog website resmi LummoSHOP. 

Cara melakukan upload produk dengan fitur Integrasi Marketplace dari akun Tokopedia:

  1. Klik tambah produk
  2. Pilih “Tambahkan dari Marketplace”
  3. Pilih Tokopedia.
  4. Masukkan detail akun seller Tokopedia.
  5. Jika sudah selesai, maka kamu akan mendapatkan konfirmasi melalui email dalam waktu 1-2 hari kerja, yang menyatakan apakah akun berhasil terintegrasi atau tidak.
  6. Jika dinyatakan berhasil, kamu harus mengkonfirmasi melalui email tersebut selambat-lambatnya 2 hari setelah mendapatkan email.
  7. Jika kamu sudah konfirmasi, buka Aplikasi LummoSHOP, klik “tambah produk”
  8. Pilih Tokopedia.
  9. Kamu sudah bisa import produk kamu dari akun Tokopedia kamu.


Pertanyaan seputar fitur Integrasi Marketplace

  1. Apa artinya menambah produk dari Marketplace?
    Itu adalah fitur yang membantu penjual mengimpor katalog produk yang ada di marketplace lain ke LummoSHOP daripada menambahkan produk satu per satu
  2. Marketplace apa saja yang bisa saya impor katalognya ke dalam LummoSHOP?
    Saat ini, kami bisa mengimpor katalog dari Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Kami akan terus menambah fitur-fitur baru di LummoSHOP. Jadi, kamu akan punya lebih banyak pilihan.
  3. Detail produk apa yang diimpor oleh marketplace?
    Saat ini, kami dapat mengimpor nama produk, harga, deskripsi, kategori, gambar, berat, dan varian. Ketersediaan stok tidak akan secara otomatis terimpor dan harus secara manual ditambah oleh penjual di LummoSHOP.
  4. Kalau saya punya marketplace yang sudah terhubung oleh LummoSHOP, jika ada perubahan stok di marketplace tersebut, apakah perubahan stoknya di LummoSHOP akan secara otomatis berubah?
    Ketersediaan stok yang diimpor selama proses impor produk dari marketplace tiidak akan ter-update jika ada perubahan di marketplace. Perubahan harus ditambahkan secara manual.
  5. Siapa yang bisa menggunakan fitur ini?
    Fitur ini untuk semua penjual di LummoSHOP.
  6. Berapa banya produk yang bisa saya masukkan dari penggabungan katalog LummoSHOP ini
    Kamu bisa mengimpor semua produk di dalam katalog marketplace kamu ke dalam LummoSHOP dalam sekali jalan. Namun, perlu diingat, semakin banyak produk yang diimpor, semakin lama juga waktu yang diperlukan.
  7. Bisakah saya menggabungkan katalog di aplikasi HP LummoSHOP dan platform website?
    Saat ini, kamu hanya bisa mengimpor katalog dari aplikasi HP. Namun, begitu produknya sudah diimpor, produk-propduk tersebut akan dapat diakses baik di website maupun aplikasi HP. Kami juga masih akkan terus menambah fitur di LummoSHOP. Jadi, kamu akan dapat menggabungkan katalog melalui platform website dalam waktu dekat.
  8. Berapa banyak toko marketplace yang bisa saya hubungkan dalam satu waktu?
    Kamu bisa menghubungkan satu toko dalam satu waktu. Misalnya, untuk Shopee, kamu bisa memiliki satu toko terhubung dan untuk Lazada, kamu bisa punya satu toko lain yang terhubung. Begitu juga jika kamu memiliki akun jualan di Tokopedia.
  9. Saya menghubungkan satu toko ke Shopee tadi. Tapi sekarang, saya mau menggunakan toko saya yang lain dari Shopee. Bisakah saya melakukan itu?
    Kamu bisa memutuskan hubungan toko yang sekarang sedang kamu hubungkan dari “Sambungan Platform Lain” yang ada di “Profil” dan menghubungkan toko baru untuk mengimpor produk lain.
  10. Saya menghubungkan satu toko ke Lazada tadi. Tapi sekarang, saya mau menggunakan toko saya yang lain dari Lazada. Bisakah saya melakukan itu?
    Kamu bisa memutuskan hubungan toko yang sekarang sedang kamu hubungkan dari “Sambungan Platform Lain” yang ada di “Profil” dan menghubungkan toko baru untuk mengimpor produk lain.
  11. Apakah pengimporan terjadi secara real time, artinya jika ada perubahan di katalog marketplace saya, apakah perubahan itu secara otomatis juga terjadi di LummoSHOP atau saya harus menggantinya secara manual?
    Saat ini, pengimporan produk hanya terjadi jika kamu melakukannya secara manual. Artinya, perubahan informasi apa pun yang terjadi harus secara manual diganti oleh kamu sebagai pengguna.
  12. Bagaimana duplikat dapat ditemukan selama pengimporan produk dari marketplace?
    Sistem LummoSHOP dapat mengecek nama-nama produk yang diimpor dari marketplace dari nama produk yang ada di dalam katalog. Kalau ada nama yang sama, nama-nama itu akan ditandai sebagai duplikat saat diimpor dan kamu bisa mengubah namanya, menghapus produk duplikat, atau menulis ulang detail dari produk yang baru kamu impor dari marketplace.
  13. Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak bisa terhubung dengan marketplace?
    Kamu bisa mencoba ulang masuk ke marketplace menggunakan akunmu. Jika masalah itu terus muncul, kamu bisa menghubungi customer support.
  14. Ada satu produk yang diimpor dari marketplace, bisakah saya mengubah detail produknya nanti?
    Ya, kamu selalu bisa ke halaman produk di tab katalog dan mengubah detailnya, menambah varian dan lain-lainnya kapan pun kamu mau.
  15. Jika saya membuat perubahan pada satu produk di LummoSHOP, akankah perubahan itu muncul di akun marketplace saya?
    Tidak, saat ini kami hanya menarik data dari marketplace ke LummoSHOP. Perubahan apa pun yang terjadi di LummoSHOP hanya akan berlaku di LummoSHOP dan tidak muncul di katalog marketplace.

Pertanyaan seputar fitur Integrasi Marketplace - Khusus Tokopedia

1. Berapa lama sampai saya bisa mengimpor produk dari Tokopedia ke LummoSHOP?
Setelah kamu mendaftarkan akun Tokopedia milikmu lewat LummoSHOP, kamu akan menerima email melalui email yang kamu gunakan untuk mendaftar di Tokopedia kurang lebih 1 sampai 2 hari kerja. Jika akun Tokopedia kamu memenuhi syarat, maka kamu bisa impor produk.

2. Bagaimana jika saya belum memiliki akun Power Merchant atau Official Store di Tokopedia?
Untuk saat ini sistem LummoSHOP hanya bisa impor produk dari akun Power Merchant atau Official Store, jika kamu ingin memiliki akun tersebut, kami sarankan untuk menghubungi pihak Tokopedia untuk mengetahui cara menjadi Power Merchant atau Official Store.

3. Apakah saya bisa integrasi dengan marketplace lain jika proses integrasi dengan Tokopedia sedang dalam proses?
Ya tentu saja, kamu bisa integrasi dengan marketplace lain kapan saja, bahkan ketika proses integrasi Tokopedia mu masih dalam proses.

4. Kenapa request integrasi Tokopedia saya ditolak dan dinyatakan gagal?
Setelah kamu mengajukan permintaan koneksi di LummoSHOP, Kamu akan menerima email dari Tokopedia yang meminta persetujua. Kamu harus menyetujui email itu dalam waktu 2 hari agar koneksi berhasil. Alasan kamu ditolak antara lain adalah akun kamu tidak memiliki status Power Merchant atau status Official Store.