Apa sih fitur “Kupon Sendiri” dan apa saja benefitnya?

Fitur Kupon Sendiri adalah fitur di aplikasi LummoSHOP yang akan memberikan kebebasan dan kemudahan bagi kamu untuk membuat promo kupon sendiri di toko online masing-masing. Sebelumnya, pebisnis online yang menggunakan aplikasi LummoSHOP harus menunggu kupon yang disediakan oleh pihak LummoSHOP.

Sekarang kamu dan seluruh pebisnis online lainnya yang menggunakan aplikasi LummoSHOP dapat dengan mudah dan bebas dalam menentukan periode kupon dan jumlah kupon yang disediakan, berdasarkan anggaran yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bebas dalam menentukan skema promo kupon di toko online-mu untuk menarik perhatian pelanggan dan calon pembeli baru.

Cara membuat kupon promo sendiri di fitur “Kupon Sendiri”:


  1. Buka bagian ‘Pemasaran’ dan klik ‘Kupon’.
  2. Pilih ‘Buat Kupon’.
  3. Pilih tipe kupon yang ingin kamu buat (Diskon Belanja atau Diskon Ongkir).
  4. Masukkan kode kupon dan periode masa berlaku kupon sesuai preferensi kamu. Kode kupon yang sudah digunakan tidak akan bisa dipakai lagi.
  5. Masukkan nilai diskon dan detail promo lainnya. Kamu juga bisa memilih kupon promo dalam bentuk persentase atau harga tetap.
  6. Jika sudah, masukkan ‘Total Batas Pembelian’. Apabila kamu tidak ingin membatasi kuota promo, silahkan tekan kotak pada ‘Tidak ada batas’.
  7. Tentukan jumlah maksimum pemakaian per pembeli dan atur ‘visibilitas kupon’ sesuai preferensi kamu.
  8. Jika semua detail sudah terisi, pilih ‘Buat Kupon’.
  9. Jika kupon kamu berhasil dibuat, jangan lupa bagikan kupon tokomu melalui media sosial.

Pertanyaan Seputar Fitur Kupon Sendiri

1. Apa itu Kupon Sendiri? Kenapa saya harus punya?
Kupon Sendiri adalah sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk membuat kupon promosi sendiri untuk pelanggan, di toko online-mu. Diskon bisa digunakan untuk jumlah Pesanan/Keranjang dan jumlah Pengiriman. Kamu juga bisa membuat kode kupon sendiri hingga pelanggan dapat dengan mudah menukarkan kupon.

2. Apakah biaya promo dari Kupon Penjual akan sepenuhnya ditanggung oleh penjual?
Kupon yang dibuat oleh penjual akan sepenuhnya ditanggung oleh pihak penjual.

3. Dapatkan pelanggan saya menggunakan atau menerapkan lebih dari 1 kupon dalam pesanan mereka?
Sayangnya, tidak. Mereka hanya bisa menggunakan 1 kupon dalam setiap order/transaksi.

4. Jika saya sudah membuat kupon, apakah saya masih bisa menggunakan kupon dari LummoSHOP?
Ya, kamu masih bisa menggunakan kedua kupon untuk pelanggan. Pelangganmu masih bisa melihat dan juga menerapkan kupon milikmu atau dari LummoSHOP ketika Checkout.

5. Apa saja metode pengiriman yang bisa saya atur untuk diskon pengiriman?
Kamu bisa mengatur diskon untuk semua metode pengiriman termasuk Kurir LummoSHOP, kecuali jika pelanggan menerapkan Ambil Sendiri.Kamu juga bisa mengatur diskon ke semua 3PL (logistik pihak ketiga) yang didukung oleh LummoSHOP.

6. Di mana pelanggan saya bisa melihat kupon Publik dan Khusus? Apa perbedaannya?
Jangan khawatir, kedua tipe kupon bisa digunakan oleh pelangganmu.

Perbedaannya, Kupon Publik bisa dilihat di etalase sehingga pelanggan bisa dengan mudah melihat kupon saat melakukan pemesanan. Sementara Kupon Khusus hanya bisa digunakan/diterapkan dengan kode kupon. Pelanggan harus memasukkan kode kupon saat Checkout.

7. Jika saya mengatur masa berlaku kupon menjadi “berlaku selamanya”, apakah pelanggan saya bisa melihat dan menggunakan kupon selamanya?
Tentu bisa. Jika kamu menetapkan kupon berlaku selamanya dan memberlakukan “Batas Penggunaan Total” untuk kuota kupon, makan kupon akan berlaku selamanya selama ketersediaan masih ada.

Namun, jika kamu menerapkan keduanya menjadi berlaku selamanya dengan penggunaan tak terbatas, maka kupon kamu akan berlaku selamanya dan tanpa batas sampai kamu menonaktifkan/mengakhiri kupon secara manual.

8. Metode pembayaran apa yang bisa digunakan pelanggan untuk pesanan dengan kupon saya?
Mereka bisa menggunakan semua metode pembayaran yang tersedia, termasuk transfer manual pada penjual.